Tradisi Malam Tahun Baru di Kampung Rawa (sekitar rumah)


               Tradisi Malam Tahun Baru di Kampung Rawa (sekitar rumah)

 

Tradisi yang dilakukan oleh aku dan keluarga ku dan orang sekitar rumah ku

Pada jam 00:00 Malam Tahun baru adalah Moment pergantian tahun biasanya dirayakan dengan penuh sukacita. Di Indoneisa maupun didekat rumah, masyarakat punya tradisi tahun baru dengan merayakannya dalam beragam cara dan sudah dilakukan dari tahun ke tahun.

Saat malam pergantian tahun, banyak orang yang merayakannya di tempat umum atau bersama keluarga di lokasi yang lebih private. Namun disini mereka cenderung melakukan hal yang sama yakni meniup terompet hingga membakar kembang api

Dan kami sekeluarga sangat bergembira dan senang dan acara diaerah rumah sangat meriah dan menyenangkan kami sekeluargapun ikut merayakan nya dan perayaan yang kami rayakan seperti:

 

1. Begadang Menanti Momen Pergantian Tahun

Banyak orang yang tak ingin melewatkan detik-detik pergantian tahun. Makanya mereka rela begadang demi menanti momen tersebut.

Biasanya tradisi yang dilakukan masyarakat didaerah sekitar rumah adalah begadang bersama orang-orang terdekat, mulai dari keluarga hingga sahabat sampai jam menunjukkan pukul 12 malam.

2. Meniup Terompet

Tepat ketika jarum jam menunjukkan pukul 12 malam dan menandakan pergantian tahun, suara terompet yang meriah langsung terdengar. Ya, salah satu tradisi tahun baru di daerah rumah yang sudah ada berpuluh-puluh tahun ini memang hingga saat ini masih terus dilakukan.

 

Hal ini bisa dilihat dengan menjamurnya penjual terompet tahun baru bahkan sejak pertengahan bulan Desember. Sudahkah kamu membeli terompet untuk menyambut malam tahun baru kali ini?

 

3. Menyaksikan Pesta Kembang Api

Hampir di setiap negara di dunia, malam pergantian tahun dirayakan dengan pesta kembang api, tak terkecuali di daerah rumah saya. Hal ini juga menjadi salah satu tradisi malam tahun baru di dekat ruamh saya yang tak boleh terlewatkan.

 

Banyak orang yang kemudian sengaja mengunjungi titik-titik strategis di tengah kota tempat berlangsungnya pesta kembang api untuk bisa menyaksikan indahnya warna-warni yang menghiasi langit malam dengan lebih jelas.

 

4.Konvoi Keliling Kota

Tradisi lainnya yang sering temui saat momen pergantian tahun adalah konvoi bersama berkeliling kota. Dengan begitu suasana kota akan semakin ramai karena banyaknya kendaraan yang melintas di jalanan.

 

5. Menerbangkan Lentera ke Langit

Jika kamu merayakan malam tahun baru di tempat terbuka, kamu bisa menerbangkan lentera bersama keluarga hingga sahabat. Dengan begitu kamu bisa melihat indahnya gemerlap lampu dari setiap lentera yang diterbangkan.

 

Indahnya cahaya lentera yang menerangi langit malam membuat malam pergantian tahun semakin terasa khusyuk.

6. Menerbangkan Lentera ke Langit

Jika kamu merayakan malam tahun baru di tempat terbuka, kamu bisa menerbangkan lentera bersama keluarga hingga sahabat. Dengan begitu kamu bisa melihat indahnya gemerlap lampu dari setiap lentera yang diterbangkan.

Indahnya cahaya lentera yang menerangi langit malam membuat malam pergantian tahun semakin terasa khusyuk.

7. Bermain Game

Menanti pergantian tahun beberapa aktivitas bersama dapat dilakukan seperti bermain game. kegiatan ini dapat menambah keseruan bersama keluarga.

 9. Tukaran kado

Pergantian tahun menjadi momen yang begitu dinanti oleh semua orang. Salah satu yang juga kerap dilakukan yaitu acara tukar kado. Momen ini seringkali dilakukan oleh beberapa orang, baik itu di rumah atau pun di kantor sekalipun.

Tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, tukar kado juga menjadi acara yang sangat seru bagi orang dewasa

10. Karaoke Bersama

Apabila kamu suka bernyanyi, karaoke menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu pilih sembari menunggu malam pergantian tahun. Pastinya setiap orang mempunyai lagu kesukaannya masing-masing. Karenanya kamu bisa melakukan kegiatan ini untuk menciptakan momen berkesan di malam tahun baru.

Kamu dan orang-orang terdekat bisa bernyanyi secara bergantian atau pun bersama. Ini akan membuat malam tahun baru terasa lebih menyenangkan

 11. Doa Bersama untuk Refleksi Akhir Tahun

Salah satu momen yang tepat saat memasuki penghujung tahun yaitu merefleksikan kembali apa saja yang telah dicapai selama satu tahun kebelakang serta sebagai upaya untuk menyusun kembali berbagai rencana yang akan dilaksanakan di tahun yang akan datang. Doa bersama bisa menjadi kegiatan untuk refleksi akhirtahun2022

 

What:Tradisi Malam Tahun Baru di Kampung Rawa (sekitar rumah)
Who : aku dan keluarga ku dan orang sekitar rumah ku
Why : Moment pergantian tahun biasanya dirayakan dengan penuh sukacita. Di Indoneisa maupun dekat rumah, masyarakat punya tradisi tahun baru dengan merayakannya dalam beragam cara dan sudah dilakukan dari tahun ke tahun.
When: Pada jam 00:00 Malam Tahun baru
Where: Kampung Rawa (sekitar rumah)

How   : Dan kami sekeluarga sangat bergembira dan senang dan acara diaerah rumah sangat meriah dan menyenangkan kami sekeluargapun ikut merayakan nya

Comments

Popular Posts